Thursday, August 22, 2013

Frequent Question about Breastfeeding

  1. Kalau ketika lahiran asi nggak ada gimana dong?
  2. ASI pasti ada cuman jumlahnya sedikit sekali jadi ketika diperah/dipompa tidak bisa keluar. Satu-satunya cara mengeluarkan ASI adalah dengan memberi langsung pada bayi agar dihisap karena tidak ada yang mengalahkan kekuatan hisapan bayi. Jumlah ASI awal yang hanya beberapa tetes itu mencukupi kebutuhan bayi jika dikeluarkan dengan benar melalui pelekatan yang tepat. So..jangan diberi susu tambahan ya... 
  3. BAB bayi saya kok seperti mencret/cair?
  4. BAB anak ASI memang teksturnya cair dan ada bulir-bulir serta berwarna kuning keemasan. ASI yang mudah diserap oleh tubuh bayi menghasilkan feses yang berbeda dengan bayi yang mengonsumsi susu formula, biasanya feses bayi dengan sufor lebih padat. Selama bayi tidak rewel toleransi bayi ASIX tidak BAB kurang lebih mencapai 21 hari karena pada kondisi tertentu ASI yang diminum terserap sempurna. Ada juga bayi yang BAB sering ketika mengonsumsi ASI, selama teksturnya golden feses dan bayi tidak rewel seperti tidak nyaman hal tersebut tidak apa-apa
  5. Saya tahunya ASI cukup darimana?
  6. Tau ASI cukup dari frekuensi pipis bayi perhari. Frekuensi bayi pipis dengan minum cukup adalah 6-8 kali per 24 jam dengan urine berwarna kuning jernih. Bayi diawal-awal kelahirannya menggunakan waktu lebih banyak untuk tidur, biasanya ketika selesai menyusu dia akan tertidur karena kekenyangan
  7. Kok anakku nggak bab selama beberapa hari padahal dia ASIX?
  8. Pada beberapa bayi terjadi ASI terserap sempurna sehingga frekuensi BAB jarang, selama bayi tetap aktif dan nyaman, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan
  9. Kenapa bayiku kalau minum sampai sejam lebih?
  10. Durasi minum efektif bayi adalah 20-30 menit per sesi minum, jika bayi minum lebih dari itu, berarti bayi sedang mengempeng. Untuk bayi kepuasan oralnya dari menghisap sehingga ketika sudah kenyang sekalipun bayi masih mau ngempeng, ibu bisa menyiasati ini dengan melepaskan kempengannya menggunakan kelingking yang dimasukan ke sudut bibir sambil di sounding.
  11. Bayiku sudah minum kok masih nangis-nangis ajah?
  12. Bayi menangis bukan hanya karena lapar, bisa karena perubahan suhu, merasa tidak nyaman karena popok basha atau hanya ingin didekap. Tangisan merupakan satu-satunya cara bayi berkomunikasi, sehingga ibu tidak perlu panik atau langsung berpikir bahwa ASI tidak cukup, coba dicari dulu penyebab tangisan dengan memperhatikan hal-hal tadi
  13. Kapan ya saat yang tepat mulai memerah?
  14. Sebaiknya sebulan sebelum bekerja, memerah bisa dilakukan dengan menggunakan tangan/marmet ataupun dengan menggunakan pompa. Konselor tidak menyarankan untuk menggunakan pompa ASI karena memerah dengan tangan memiliki banyak keuntungan yang tidak ada pada pompa ASI diantaranya marmet lebih bisa mengosongkan payudara, dengan marmet tangan mempunyai sensor untuk bisa merasakan bagian-bagian yg masih keras karena belum dikeluarkan dengan baik, kekuatan marmet hampir menyerupai hisapan bayi, pompa bisa kelupaan dibawa namun kedua tangan kita tidak mungkin lupa dibawa kan.., kepraktisan karena tidak perlu cuci steril alat pompa cukup cuci tangan saja, dan dari sisi ekonomis harga pompa yang bagus dimulai di harga 300-an yang mana tidak semua orang sanggup membeli.
  15. ASIku pertama keluar cuman sedikit, cukup gak ya?
  16. Pasti cukup dong...ini saya jelaskan ukuran lambung bayi ya......Ketika lahir ukuran lambung bayi hanya sebesar biji jagung sehingga setiap kali minum bayi hanya perlu 1-3ml itulah yang membuat ASI hari pertama jumlahnya sangat sedikit sesuai kebutuhan bayi. Di usia satu minggu ukuran lambung bertambah besar dan volume ASI yang bisa ditampung sekitar 7-10ml, di hari kesepuluh lambung membesar sebesar bola pingpong sehingga volumenya menjadi sekitar 15ml jadi dengan ASI yang keluar, pasti cukup kok untuk bayi
  17. Katanya busui nggak boleh makan macem-macem nanti bayinya sakit (ex : sambel, es krim), benarkah?
  18. ASI bukan diproduksi di lambung ya jadi makanan apapun tidak ada yang mempengaruhi produksi ASI. ASI terbentuk melalui kerja 2 hormon penting menyusui yaitu prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin ini yang merangsang untuk produksi ASI di alveolus sedangkan hormon oksitosin yang merangsang otot payudara agar membantu pengeluaran ASI yang sudah diproduksi, Refleks oksitosin ini yang membuat ASI kadang sampai menyemprot keluar.
      

Salam ASI

No comments:

Post a Comment