Monday, October 7, 2013

Asuransi Pilihan Saya

Yay akhirnya saya menemukan produk yang tepat untuk kebutuhan perlindungan keluarga kami. Sekitar jam tiga tadi saya dikunjungi Uli yang bekerja di Panin Sekuritas, nah rencananya saya ingin mendaftarkan Kakak Iting kami untuk memiliki Reksa Dana, ihiy..iya dong di umurnya yang masih muda saya ingin dia berinvestasi dengan benar sehingga jika tiba saatnya dia sudah tidak bersama kami lagi, saya berharap dia sudah memiliki kecukupan finansial yang membuat dia bisa membuat usaha untuk penghasilannya. Dari dulu ditawari menabung selalu enggak mau, tapi begitu melihat Leon kemarin dikasih hadiah sama opungnya barulah dia sadar bahwa sudah setahun bekerja tabungan pun tidak ada, dengan mantap dia pun meminta kami agar menyimpan uangnya tiap bulan, horey....dengan perjuangan panjang akhirnya mau juga :). 

Nah saat Uli datang kami ngobrol sebentar tentang temen suami saya yang kemarin saya sarankan membeli RD ke dia dan ternyata juga adalah teman dia. Saya bercerita tentang bagaimana saya tertarik dengan asuransinya dan akhirnya kami bertukar informasi, sambil curhat kalau sampai hari ini saya belum menemukan produk asuransi yang oke untuk perlindungan jiwa suami dan saya. Uli dengan antusias berkata "ada loh temenku kak, dia di manulife kalau kakak mau bisa kusarankan dia buat hubungi kakak", seperti dapet durian runtuh ya saya langsung nyeletuk "Udah sekarang ajah, saya mau secepatnya masuk kok".
Saat itu Uli langsung BBM temennya dan setelah dia pulang beberapa saat kemudian HP saya berbunyi dan masuk nomor tidak dikenal. Saya angkat dong, hehehe benar kan dari orang Manulife. Namanya Rolan dan dia langsung menawarkan kepada saya produk yang saya inginkan, untuk uang pertanggungan senilai satu milyar saya cukup membayar tiga juta selama setahun sekaligus dibayarkan atau membayarkan 3,4juta agar mendapatkan perlindungan sehingga jika kedepannya terjadi sesuatu yang membuat tertanggung tidak bisa membayar premi selama enam bulan maka Manulife akan membayar premi tersebut, sounds so interesting yeah? :). Pembayaran premi pun bisa dilakukan perbulan, persemester, ataupun pertahun saya memutuskan untuk mengambil pembayaran per semester karena range yang tidak begitu jauh dengan pertahun dan mengeluarkan 1,6 persemester dengan manfaat sebagus itu rasanya tidak sayang yah.... :)
Hari senin nanti Rolan akan datang untuk menjelaskan lebih detil dan membawa formulir untuk aplikasi mendaftar. Oh iya, jika kita ingin uang pertanggungan diatas 1,25milyar maka Manulife mewajibkan untuk mengikuti medical check up yang akan dibayarkan sepenuhnya oleh mereka. Jujur saja, mencari asuransi saat ini sangat membuat saya galau, karena begitu banyak produk yang ditawarkan namun rata-rata tidak memenuhi kebutuhan saya. Dalam perencanaan keuangan mandiri saya, saya membagi pos investasi kami ke tiga bagian besar, investasi jangka pendek yaitu menabung, investasi jangka panjang semisal untuk dana pendidikan anak dan dana pensiun kami dengan rutin membeli Reksadana Saham, dan perlindungan untuk pencari nafkah dengan asuransi. Kedua item awal telah saya laksanakan namun saya terbentur di item ketiga karena ya itu, mencari produk yang benar-benar menawarkan perlindungan jiwa murni itu susyehnya minta ampun bo! Kemana-mana pasti ditawarin sodaranya yang link-link itu sementara buat saya link itu tidak memenuhi kebutuhan saya ya.

Kenapa saya memandang asuransi jiwa murni itu penting? Kan uangnya hangus semua, sayang dong! :). Oke mungkin untuk beberapa orang yang tidak ingin uangnya hangus lebih memilih untuk memakai asuransi unit link yang menawarkan proteksi sekaligus investasi, namun untuk saya yang notabene telah memisahkan pos investasi dan asuransi, saya merasa lebih baik membedakan sehingga saya bisa melihat return yang maksimal dari investasi saya. Pembelian asuransi bagi saya murni sebagai payung perlindungan jiwa bagi saya dan suami, bukan berharap kami akan kenapa-kenapa, namanya ajah beli payung, gak mesti nunggu hujan baru beli payung kan? Keburu basah kuyup cyin.... :) Lagian ya, mobil yang notabene benda mati ajah rela kita asuransiin mahal-mahal takut kalo kenapa-kenapa, apalagi jiwa yang murni pencari nafkah, sumber kehidupan kita, harusnya kita bisa menghargai lebih tinggi kan :).

Seneng banget deh akhirnya saya sudah memiliki semua yang saya idamkan dalam perencanaan keuangan saya untuk masa depan. Teman-teman juga yuk mulai memikirkan investasi dan asuransi demi kelangsungan hidup orang-orang yang kita sayangi, gak mau kan kalau sesuatu terjadi kepada kita (semoga enggak ya) kita tidak meninggalkan kecukupan finansial untuk mereka yang ditinggalkan :). Selamat berinvestasi dan berasuransi :)

No comments:

Post a Comment