Monday, February 24, 2014

Leon 20m Milestone

Hurray, tiba saatnya menuliskan perkembanganmu di usia 20 bulan ini ya nak. Sebelumnya mommi mau bilang kalau penyakit lama mommi kambuh, penyakit lupa mengingat tanggal dan akhirnya sempat melewatkan 20 bulanmu, untung tadi sempat jalan-jalan ke Blog aunty Erika yang juga lagi posting tulisan tentang adek Ryer dan seketika mommi tersadar... Si ganteng mommi juga berusia 20 bulan hari ini ya.... Selamat ya anakku sayang, bersyukur sama Tuhan Yesus ya abang dikasih berkat yang melimpah dalam hidup abang dan semoga hidupmu bisa memuliakan Tuhanmu ya nak....Amin..... Yuk kita lihat gimana perkembangan abang saat mencapai usia yang baru ini :)
  1. Sudah bisa menyambung dua sampai tiga kata
    Ini kecerdasan abang yang paling kelihatan berkembang saat ini. Udah bisa menyambungkan dua sampai tiga kata dan ngoceh-ngoceh sendiri. Nih ya mommi tulis contohnya :
    " Papa, ini mommi punya..."
    " Mommi, mamam yuk..."
    " Mi, bobo yuk..."
    " Papa, pegang Leon..."
    " Kakak, ngapain??.."
    " Papa, nonton barney..."
    Dan masih banyak lagi, intinya abang sudah bisa diajak komunikasi dan bisa menjawab dengan baik pertanyaan ataupun menanggapi obrolan kami. Kadang kalau abang mengerti sedang dibicarakan dan kami tertawa bersama, abang juga ikutan ngekeh seakan-akan mengerti dan gak mau ketinggalan :)
  2. Sudah bisa menyebutkan hampir sempurna doa makan
    Beberapa waktu lalu saat akan makan pagi alias sarapan, mommi menyuruh abang untuk duduk di kursi, abang langsung duduk manis kemudian lipat tangan nundukin kepala dan berbicara seperti ini " Yecus... mamam....kati mamam Yesus, acih...amin" Kira-kira artinya seperti ini " Tuhan Yesus, leon mau makan, berkati makanan ini, terimakasih, Haleluya Amin..." dan mommi langsung terpana nak...Mommi hanya bisa menemani Leon makan saat siang dan hari sabtu-minggu, kemarin adalah momen pertama abang menunjukkan kecerdasan abang dalam hal berdoa :) Selanjutnya setiap kali akan makan abang selalu menunjukkan kepiawaian abang dan diakhiri dengan memandang kami dengan berbinar-binar.

  3. Sudah Bisa menyanyikan beberapa lagu dengan improvisasi sendiri
    Abang sudah bisa menyanyikan semua lagu namun gak pakai nada, jadinya jatuh-jatuhnya seperti baca puisi, hahahahaha... Lagu kesukaan abang sampai hari ini masih tetap " Cicak ". Nah waktu kita jalan-jalan bertiga sama papa, abang tiba-tiba baca puisi :
    Cicak di dinding
    Diam merayap
    Datang seekos amuk (seekor nyamuk)
    Hap....  (Hening, karena abang lupa lanjutannya...Kami juga diam gak mau melanjutkan, tiba-tiba abang nyeletuk)
    Mamam.....Ennnaaakkk.....
    Dan disambut ketawa ngakak dari mommi dan papa karena ternyata abang begitu cerdik bisa melanjutkan puisinya ya.... Kejadian yang sama juga terjadi saat abang puisinya " Balonku ", pokoknya kalau udah stuck di satu kata abang asal ngelanjutin yang penting terus dilagukan, hihihihi
  4. Sudah pandai memanjat dan tidak pernah menangis kalau terjatuh
    Oh iya, ini udah bisa manjat kursi makan, trus naik sendiri ke meja makan dan duduk diatas meja makan. Berulangkali dibilangin biar jangan begitu tetep aja abis diturunin naik sendiri lagi dan bakalan marah besar kalau diturunkan. Kalau kami udah selesai makan dan ninggalin meja abang juga dengan sukarela turun sendiri, ckcckck kerasnya hatimu nak.
    Setiap sore abang suka dibawa kakak iting jalan-jalan keliling kompleks, dan di kompleks belakang ada rumah yang memelihara ayam dan ayamnya dibiarkan berkeliaran bebas, kalau abang melewati rumah tersebut seketika abang langsung berlari menghampiri ayam-ayam itu. Nah karena halamannya isinya batu-batuan dan belum rata, abang sering sekali jatuh/tersungkur namun abang gak pernah nangis, begitu jatuh langsung berdiri kemudian lari lagi mengejar ayam-ayam tersebut, hihihiihihi
  5. Meminta digendong ketika tahu kami berpakaian kantor ataupun yang berbeda dengan pakaian rumah
    Nah ini nih yang agak membuat kami kewalahan di pagi hari. Begitu Leon melihat mommi atau papa sudah berpakaian kantor maka leon akan berlari ke arah kami sambil berteriak "gendong, gendong.." yang artinya meminta digendong dan jangan ditinggal -_________-
    Dan ketika diberi pengertian abang akan marah dan menjerit sejadi-jadinya karena enggak mau ditinggal, huhuhuuhu.... Abang harus mengerti ya nak, mommi dan papa bekerja sehingga mommi dan papa harus meninggalkan abang dirumah bersama kakak. Sebenarnya jauh didalam hati mommi, mommi pengen banget bisa terus-terusan bersama abang namun dengan banyak pertimbangan akhirnya mommi tetap memutuskan bekerja. Mommi juga bersyukur ada kakak iting yang begitu sayang dan perhatian dengan Leon, kakak begitu mengasihi Leon sehingga mommi pun tenang meninggalkan Leon di rumah bersamanya.
  6. Berpura-pura menangis untuk mendapatkan keinginannya
    Leon udah pintar merajuk loh....kalau gak dibolehin melakukan sesuatu akan berpura-pura menangis sambil nutup mata atau berguling. Terus mommi ngapain? Kalau permintaannya masih masuk akal mommi akan mencoba kompromi, namun kalau permintaannya enggak masuk akal ya mommi tinggalin ajah Leon, biasanya Leon akan tahu kalau sudah mommi tinggal dan buru-buru berdiri menghampiri mommi. Leon diajari untuk mengerti ya nak bahwa tidak semua yang Leon inginkan harus dipenuhi, dalam hidup kita akan menghadapi berbagai kekecewaan, mommi ingin leon belajar untuk menerima segala kekecewaan itu dengan jiwa besar dan bisa untuk tetap terus melanjutkan hidup Leon, apapun itu.
  7. Keinginan menyusuinya berkurang
    Ya seiring dengan pertambahan usia Leon, frekuensi menyusu Leon pun menjadi berkurang. Sebenarnya kalau mengingat bagaimana riwayat mommi dulu menyusui Leon, melewati enam bulan saja sudah menjadi hal yang membanggakan untuk mommi, namun bisa melewati 20 bulan ini dan tetap terus menyusui Leon menjadi prestasi luar biasa yang tidak terbayarkan dengan apapun. Bagaimana dulu jatuh-bangunnya mommi menyusui Leon terbayar melihat kondisi Leon di hari ini nak. Leon yang cerdas, sehat, ceria, suka segala jenis makanan, dan tetap minum ASI tanpa tambahan susu apapun membuat mommi tidak henti-hentinya bersyukur. Kehadiranmu membuat hidup mommi sempurna, kehadiranmu mengajarkan mommi banyak hal yang tidak pernah mommi bayangkan akan terjadi dalam sekolah kehidupan mommi. Terimakasih untuk semuanya nak...

  8. Naik dan turun tangga sendiri dengan berpegangan di penyangga tangga
    Oke kalau kemarin Leon bisa naik turun tangga sendiri dengan diawasi oleh salah satu dari kami, maka sekarang si abang udah bisa melakukan ini tanpa diawasi. Oh, dia dengan super PDnya naik tangga dan tidak sedikitpun merasakan ketakutan saat memandang kebawah. Turun pun dengan perlahan menjejakkan kakinya ke anak-anak tangga sambil berpengangan erat pada besi tangga, Luar Biasa.... Kalau untuk kemampuan yang satu ini membuat kami bukan hanya memasang palang pintu namun juga memakai gembok sehingga Leon enggak bisa membuka kuncinya, kalau salah melihat sedikit ajah dia udah posisi ready untuk turun tangga. Jangan sampai deh gegara hal tersebut Leon jatuh dan berakibat buruk untuknya, huhuhuhuuhu
  9.  Tidak suka memakai stroller dan digendong kalau ke Supermarket / Mall
    Ya kalau ada anak-anak yang bisa duduk tenang saat mama papanya nge-mall maka hal tersebut tidak berlaku untuk anak kami.... Begitu masuk ke tempat seperti itu dengan semangat 45-nya Leon akan minta untuk diturunkan dan mulai menjelajah seluruh isi Mall / Supermarket. Kalau menjelajah aja sih gak apa-apa kali ya, namun keingintahuannya akan benda-benda yang ada membuatnya mengambil satu-satu benda yang menarik perhatiannya dan dengan entengnya membuang begitu ketemu barang baru yang lebih menarik, really good!! -____________-
    Hasilnya kalau jalan-jalan ke tempat-tempat seperti itu maka kami harus terburu-buru menyelesaikan sesi jalan-jalan (kalau ini selalu sukses membuat momminya cemberut soalnya blom puas lihat-lihat)
 
Demikianlah perkembangan abang yang tertangkap memori mommy di usia 20 bulan ini. Terimakasih telah hadir di hidup kami nak. Tuhan begitu menyayangi kami sehingga memberikan Leon sebagai hadiah terindah yang pernah diberikan-Nya di hidup kami sebagai sebuah keluarga. Dan kiranya hidupmu Tuhan pakai untuk memuliakan nama-Nya...Amin 

    2 comments:

    1. hai ganteng,, makin pinter aja ya... sehat selalu ya Leon, selamat ulbul yg ke20..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hai onty cantik..makasih ucapannya....

        Jangan lupa janjinya main ke rumah Leon ya..

        Kisskisskiss...

        Delete