Thursday, April 10, 2014

Mahasiswa Bandel

Beginilah kalau otak yang sudah berkarat dipaksa untuk belajar lagi, alhasil saat jam kuliahyang ada si otak karat ini lebih serius selancar di dunia maya dan nengok-nengok masalah yang gak penting-penting amat :)

Jiwa terkungkung dalam kelas namun pikiran melayang-layang menembus ruang dan waktu untuk menganalisa dan mengingat segala hal yang memberikan euforia bagi saya. Jangan tanya kualitas sarjana seperti apa saya nanti, jelas pasukan belakang yang akan wisuda dengan nilai pas-pasan dan gak akan peduli dengan semangat melanjutkan pendidikan sampai jenjang tak terhingga, maaf saja, saya memang tidak suka belajar.

Sejak dahulu saya memang cukup mudah dalam mengenyam segala pendidikan yang diharuskan oleh sistem pendidikan negeri tercinta ini, mulai dari CBSA alias Catat Buku Sampai Abis sampai pada masa Kurikulum Berbasis Kompetensi. Tidak terlalu membutuhkan usaha macam-macam, cukup datang dan duduk manis mendengarkan segala celotehan guru dan saya seketika siap diujiankan :) terdengar agak angkuh kah?enggak juga, seharusnya yang  membaca tulisan ini berpikir, jadi seperti apa kualitas pendidikan yang dijalani oleh saya?
:D

Jujur saya akui, saya tidak pernah berdamai dengan sistem pendidikan Indonesia yang menurut saya lebih cenderung menakut-nakuti para pembelajar daripada merangsang niat dan minat mereka pada ilmu. Baca buku harus yang mentereng, text book tebel-tebel kudu diabisin, menghafal sampai kapok semua isi buku, memberikan soal yang sulit sehingga setiap kali menghadapi tes yang ada hanya kegalauan apakah para pembelajar sanggup menjawabnya. Jangan heran kalau saya muak 15 tahun dibegitukan dan akhirnya memilih menunda sekolah lagi selama mungkin hanya karena alasan males.

Akhirnya apa yang sistem pendidikan Indonesia dapatkan dari tekanan sedemikian rupa pada pembelajar? Ya saya inilah, kualitas mahasiswa lulusan sarjana yang tidak sepenuhnya mengerti apa ilmunya karena waktu belajar di kelas digunakan untuk menulis blog dan melakukan hal-hal lain yag terasa tidak membosankan untuk membunuh waktu sampai selesai kuliah. Bagaimana dengan materi kuliahnya? Palingan pas ujian sibuk fotokopi sana sini kemudian belajar dan hilang ilmunya selesai ujian.

Ckckckkc...saya memang mahasiswa bandel.

-Mama Leon yang sedang kuliah Kewirausahaan-


Posted via Blogaway

No comments:

Post a Comment