Thursday, September 25, 2014

MPASI Leon

Oke mungkin ini hanya postingan singkat....

Hanya mau pamer Leon makan Sayuran yang disiram bumbu pecal pedas dengan sangat nikmat. Ya, Leon sudah mengenal rasa pedas sejak usianya enam bulan, saya biasanya menambahkan cabai potong sebiji atau dua biji di makanannya sebagai pengenalan. Mungkin yang membaca dahinya langsung berkerut ya, "itu anaknya gak pa2 perutnya?" Ya gak apa-apa bu, karena cabainya hanya dipotong dan tidak diberikan, sebagai penambah rasa saja. Ketika usia Leon 9 bulan, jumlah cabai makin saya tambah namun perlahan, nah di usia satu tahun dia sudah makan makanan pedas dengan level sama seperti saya dan papanya.

Disalah satu poin syarat pemberian makan oleh WHO disebutkan "NOT TOO SALTY NOT TOO PEPPERLY" yang artinya tidak boleh TERLALU ASIN dan tidak boleh TERLALU PEDAS, yang berarti sebenarnya makanan berbumbu pedas boleh diberikan hanya saja ibu kembali memperhatikan takaran pemberian. WHO juga menyebutkan sejak usia 6 bulan silahkan diberikan, hanya saja saya memilih untuk memberikannya di usia 8 bulan, kenapa? Tidak ada pertimbangan apa-apa, hanya karena terlalu asik bermain-main dengan segala jenis makanan jadinya saya terlupakan untuk khusus menambahkan cabai :)

So people, daripada berlama-lama cerita tentang MPASI WHO yang jelas-jelas udah saya ceritain lengkap disini... Inilah foto yang membuat saya selalu terkagum-kagum dengan kemampuan makan anak saya dan bersyukur karena memilih untuk patuh dan menggunakan Panduan Makan WHO untuk Leon :)
Foto satunya lagi adalah foto rutinitas Leon sejak usia enam bulan, minum jus buah setiap pagi dan jus buahnya tidak memakai tambahan pemanis apapun :)

Leon dan Sayur bumbu pecelnya



Leon and his morning juice - Leon selalu minum jus buah setiap hari dan jusnya dibuat tanpa tambahan gula apapun :)

No comments:

Post a Comment