Monday, February 23, 2015

Tuna Asam Manis

Ikan Tuna Asam Manis
Sejak awal Leon mengenal MPASI saya memang memilih bahan pangan yang tersedia lokal dengan alasan waktu petik/mendapatkan dengan waktu pengolahan yang pendek membuat segala kandungan yang terbaik bisa didapatkan oleh Leon. Saya secara pribadi juga memilih tidak menggunakan ikan salmon karena memang salmon digadang-gadang tinggi kandungan proteinnya namun mengingat prosesnya untuk sampai ke Indonesia memerlukan jangka waktu yang lumayan panjang. Saya sendiri lebih suka memberikan Leon ikan tuna yang dibeli di pasar setiap sabtu pagi, masih dalam kondisi segar, saya minta biasanya sekilo lebih. Pulang saya bersihkan dan dimasukkan ke feeezer, saat akan diolah baru dikeluarin dan diolah sesuka hati, seringnya dikukus, digoreng biasa, ataupun disambal.Tuna ternyata memiliki banyak manfaat loh, selain kandungan omega 3 nya yang sangat tinggi, ikan tuna juga kaya akan berbagai mineral penting yang bermanfaat bagi tubuh seperti iodium yang berperan penting untuk mencegaj penyakit gondok dan meningkatkan kecerdasan anak. Lebih lagi manfaat ikan tuna yaitu mengandunbg berbagai macam vitamin, mencegah stroke dan obesitas, serta mencegah kanker payudara.
Wow banyak banget kan :) Itulah makanya Tuna hampir selalu menjadi bahan protein yang saya pilih setiap minggunya jika tersedia saat saya berbelanja.
Kali ini saya mau berbagi Resep Tuna Asam Manis ala saya, karena dilahirkan di daerah pantai saya terbiasa mengonsumsi ikan segar tanpa takut akan amisnya, menurut saya justru ikan segar itu jarang yah amis malah kalau ditambahin bumbu seperti jahe, kesegaran ikan akan hilang seketika. Oleh karena itu saat mengolah ikan saya selalu mengusahakan agar kesegaran ikan tetap terjaga sehingga gurihnya ikan benar-benar menjadi bintangnya dimasakan tersebut. Oke, tidak perlu berlama-lama cerita inilah resep Tuna Asam Manis Ala Saya
Bahan :
  • Ikan Tuna yang sudah dipotong untuk ukurang digoreng sebanyak 1 kg.
  • 4 siung bawang putih cacah halus
  • 5 siung bawang merah cacah halus
  • 1 siung bawang bomba dibagi 2 dan diiris
  • 2 buah tomat diiris tipis
  • Masing-masing 5 cabai merah besar dan cabai hijau diiris serong
  • 1 batang daun prei dan 1 batang daun sop diiris tipis
  • 2 sdm air perasan asam jawa
  • Setengah botol saos tomat ABC dari botol ukuran 275gr
  • 1sdt minyak wijen
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1,5 sdt kaldu bubuk organik tanpa MSG
  • 1 sdt garam (boleh ditambahkan atau dikurangi sesuai kadar asin yang bisa diterima)

Cara Membuat :
  1. Bersihkan ikan dan beri sedikit garam serta jeruk nipis. Goreng sampai matang namun tidak kering dengan menggunakan minyak yang banyak.
  2. Dengan wajan yang baru masukkan sedikit minyak dan tumis bawang merah + bawang putih.
  3. Setelah Harum masukkan Bawang Prei dan Tomat lalu diaduk lagi
  4. Saat Tomat sudah mulai hancur masukkan Saos Tomat dan tambahkan sedikit air agar tumisan tidak terlalu kental dan sedikit agak encer.
  5. Aduk tumisan sampai mulai meletup secara bersamaan masukkan kaldu bubuk, minyak wijen, air asam jawa dan kecap ikan.
  6. Aduk sebentar lalu masukkan Daun sop, cabai merah dan hijau, terakhir bawang bombay.
  7. Masak sampai semuanya terlihat matang, cicipi berikan garam.
  8. Masukkan ikan yang telah digoreng, aduk sebentar sampai menyatu dan matikan api.
  9. Ikan Tuna Asam Manis siap dihidangkan

Posted via Blogaway

No comments:

Post a Comment