Monday, February 16, 2015

Video Cup Feeding

Hai selamat pagi semua :)

Kalo sebelumnya saya cerita tentang cup feeding disini.
Hari ini mau berbagi sebuah video tentang cup feeding sehingga pembaca yang belum puas dengan penjelasan sebelumnya bisa melihat prakteknya langsung.

Mungkin banyak ibu atau pembaca yang sudah mengerti bahwa sebaiknya dalam memberikan ASI Perah kita menggunakan media selain dot, karena mekanisme menghisap pada dot yang berbeda dengan mekanisme menyusui langsung sehingga apabila pemberian dot tersebut dilanjutkan maka kemungkinan akan terjadi bingung puting. Di sisi lain ibu juga dibingungkan dengan kondisi dimana tidak semua pengasuh menyetujui pemberian ASIP melalui cup feeder dengan alasan tidak mengerti, ribet, atau memang pada umumnya yang terlihat dan diketahui oleh pengasuh ya memakai dot. Dalam pengalaman pribadi saya pada umumnya semua bayi sangat pintar minum dengan menggunakan cup, yang dibutuhkan adalah kesabaran diawal-awal pembelajaran, teknik memberikan yang benar, dan keyakinan bahwa ibu-pengasuh-bayi mampu melalui hal ini dengan gemilang. Efek positif lain yang selalu saya lihat dari kepatuhan memberikan ASIP dengan cup feeder adalah ibu bisa terus melanjutkan pemberian ASI sampai dua tahun walaupun dengan stok pas-pasan, karena bayi akan minum sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut adalah contoh Cup Feeding pada bayi usia tujuh hari, bayi ini baru pertama kali diajari minum dengan menggunakan gelas oleh saya. bayi ini mengalami kesulitan menyusu sehingga ibu menggunakan dot dan sudah mengalami bingung puting. Saya menyarankan agar pemberian dot dihentikan dan diganti dengan menggunakan gelas/cup feeder. Karena saat itu ibu belum memiliki cup feeder maka saya menggunakan tutup botol dot yang dipakai ibu namun sudah dalam kondisi bersih ya.

Semoga bisa membantu ibu-ibu yang sedang mencari informasi tentang hal ini.
Salam ASI.


No comments:

Post a Comment